Langsung ke konten utama

bagaimana menggunakan pengaruh leader untuk mempengaruhi orang lain?

Tiga jenis bentuk mempengaruhi:Comitmen
1. Comitmen
    (saya suka, saya dukung)
2. Complience
    ( Oke deh, ikut aja, & mematuhi) Patuh
3. Resistance
    gak bisa diintervensi, gak gampang dipengaruhi. karena kuat dari dirinya
    Contoh: Pak A***
                  dalam melakukan penggusuran agar rakyat yg terkena gusuran diajak loby ngobrol                               bareng ajak makan supaya menemukan solusi

Bedanya diktator dalam mempengaruhi?
Kalau gak mau maka akan ada yang diterima (hukuman)
Hilangnya resistence  namun kuatnya complience

cara mempengaruhi orang secara positif:
1. Leading by Example and Respect
    Dengan memberikan contoh dan cara menghormati.
    Contoh Pak rafael dateng pagi ke kampus tiap mengajarnya berdasarkan fakta dan berwibawa  
    ingin mengajarkan ke mahasiswanya untuk membentuk vigur yang berkualitas.
2. Using Rational Persuason
    menggunakan logika.
    Serba pokoknya pokonya.
3. Apprising the target.
   harus ada target.
    habis ini apa? habis ini apa?
    supir taksi ditanya mau kemana pada penumpang, pasti ikutin tujuan penumpang mau kemana.
    klau gak ada tujuan si supir bingung.
4. Making a personal appeal
    Tampil menarik.
5. Developing a reputation as a subjecct matter expert
    membangun reputasi untuk membangun image.
    saya membuat instagram buat bangun image untuk jadi apa, klau tanpa itu orang lain gak tau
    kamu itu siapa.
6. Exchanging favors and bargaining
    kadang kala sebagai pemimpin pakai kata pokoknya pokoknya lama kelamaan orang lain
    kehilangan empati.
7. Forming Coalitions
    semakin kuat dia semakin didukung
8. Being a team player
    Jangan terlalu muncul jadi orang hebat.
9. Practicing hands on leadership
    suatu saat leader akan ada cobaan
10. Legitimation request
      seorang sebelum mengambil keputusan harus konsultasi sebagai masukan untuk mengeliminir
      resistence
11. Consultasi with other
      seharusnya nanya lemah dimana baru dikasih solusi
      cth: org yg gak bisa ngomong didepan umum. jadi gak bisa persentasi sebagai atasan dia yang
      backup menggantikan persentasi.

Mempengaruhi orang lain dengan tidak etis:
1. Deliberate Machiavelianism
    menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. apapun dilakukan utk terobsesi dengan hal
    tersebut.
    cth: agar terkenal imagenya, dia pakai rolex kemudian dipamerkan dimedsos agar cepat terkenal
2. gantle manipulation of people and situation
    manipulasi people dan situasi. dengan tau karakter dirinya sendiri bisa memanipulasi karakter yg
    orang lain pakai dari karakter kita.
    Cth; karakter Pak J***** karakternya gak bisa ditebak oleh masyarakat luas sehingga sulit
    untuk menebak apa yang sedang dirasakan beliau.

    bandwagon technique:
    merupakan teknik dimana orang lain menggunakan teknik yang sama sehingga tidak ada bedanya
    dengan yang lain.
    cth:
    toko roti yang awalnya baru buka merupakan kualitasnya masih tinggi dri bahan baku dll. ketika
    sudah lama kualtias rasa dan roti nya menurun.

    The wisdom of crowds:
    adanya sebuah kesimpulan dari sekumpulan orang yang digunakan adalah pilihan yang benar.
3. Undue pressure
    buat jadwal.
4. Debasement
    seorang pemimpin yang kelihatan lemah lama kelamaan dibuli. namun ini sangat bahaya ketika
    orang lain udah nyaman kita kuasai situasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Consumer Behavior : Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie

BAB I Latar Belakang             Pada perkembangan waktu sampai saat ini bebrapa harga komuditas terutama komuditas pangan mengalami perubahan harga yang semakin meningkat. kenaikan harga komoditas di pasar internasional mengakibatkan inflasi yang tinggi dan melemahnya daya beli masyarakat (Sunarsip, 2011). Salah satu contohnya mempengaruhi  pertumbuhan industri mie instan. Pengaruh inflasi ini menyebabkan penurunan terjadi terutama pada segmentasi persaingan mie dengan industri menengah kebawah karena mereka harus mempertahakan industri ditengah berkurangnya profit yang mereka dapat sementara cost yang mereka keluarkan semakin besar. Akibatnya beberapa pesaing menengah kebawah menutup dan tidak berproduksi usaha mereka ditengah gejolak inflasi yang semakin meningkat.             Namun bila kita melihat dan mengamati permintaan mie instant yang berada diseluruh p...

Storyboard Obat Batuk

Ares ini merupakan produk obat batuk untuk anak-anak. Untuk membuat advertising film terlebih dahulu dibuat storyline kemudian agar mempermudah pemahaman dibuat storyboard berupa gambar dilengkapi dengan cerita. Didalam produk ares ingin menekankan perbedaan antara batuk alergi dengan batuk berdahak yang membutuhkan penanganan berbeda. kontak: Alvin Nugroho (08128023596) ig: alvinno_nugroho linkedin: Avin Nugroho

Skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Attitude Toward Mobelie Advertising Terhadap Attitude Toward Brand Dan Implikasinya Terhadap Purchase Intention Telaah Pada Viewers YouTube Iklan Indoeskrim Versi Kisah Legenda Nusantara

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH ATTITUDE TOWARD MOBILE ADVERTISING TERHADAP ATTITUDE TOWARD BRAND DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PURCHASE INTENTION (TELAAH PADA VIEWERS IKLAN INDOESKRIM VERSI KISAH LEGENDA NUSANTARA) SKRIPSI                                                                                                       Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) Alvin Nugroho 13130110018 PROGRAM STUDI MANAJEME...