Skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Attitude Toward Mobelie Advertising Terhadap Attitude Toward Brand Dan Implikasinya Terhadap Purchase Intention Telaah Pada Viewers YouTube Iklan Indoeskrim Versi Kisah Legenda Nusantara
(TELAAH
PADA VIEWERS IKLAN INDOESKRIM VERSI
KISAH LEGENDA NUSANTARA)
SKRIPSI
Diajukan sebagai
salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)
Alvin
Nugroho
13130110018
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
BISNIS
UNIVERSITAS
MULTIMEDIA NUSANTARA
TANGERANG
2018
ABSTRAK
Seiring berkembangnya waktu, pengguna YouTube jumlahnya semakin bertambah besar. Salah satu perusahaan yang menggunakan media YouTube sebagai media iklan yaitu perusahaan Indoeskrim. Indoeskrim menggunakan media YouTube untuk memesarkan berbagai produk mereka khususnya produk Indoeskrim Nusantara. Salah satu iklan yang menjadi trend di masyarakat pada juli 2017 yaitu iklan Indoeskrim versi kisah legenda nusantara. Iklan ini menjadai trend pada media YouTube kerena iklan tersebut unik dan menghibur. Penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah purchase intention konsumen pada produk Indoeskrim Nusantara dipengaruhi oleh entertainment, informativeness, dan irritattion melalui attitude toward mobile advertising dan attitude toward brand. Model teoritis dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan enam hipotesis yang diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden.
Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa entertainment dan informativeness memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward mobile advertising. Sedangkan irritation tidak memiliki pengaruh terhadap attitude toward mobile advertising. Selain itu juga, ditemukan pengaruh positif antara attitude toward mobile advertising terhadap attitude toward brand. Kemudian attitude toward mobile advertising dan attitude toward brand memiliki pengaruh pengaruh positif terhadap purchase intention.
Dari enam hipotesis yang diajukan, tidak semua sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi iklan Indoeskrim untuk dapat lebih mengembangkan iklan Indoeskrim dapat menarik perhatian konsumen sehingga dapat meningkatkan minat pembelian konsumen terhadap produk Indoeskrim Nusantara.
Kata Kunci: entertainment, informativeness, irritattion, attitude toward mobile advertising, attitude toward brand, purchase intention.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman modern saat ini, persaingan bisnis
semakin ketat sehingga mengharuskan perusahaan untuk mengambil tindakan yang
tepat agar dapat tetap bertahan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, perusahaan
harus menentukan strategi advertising
yang tepat untuk menarik perhatian konsumen dan dapat bersaing dengan para
pesaing lainnya. Menurut Philip Kotler (2013) mendefinisikan advertising sebagai segala biaya yang
harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi nonpribadi
dalam bentuk gagasan, barang atau jasa. Advertising
merupakan pesan suatu merek, produk, atau perusahaan yang disampaikan kepada
konsumen melalui berbagai media. Melalui advertising,
perusahaan dapat membangun hubungan interaksi antara perusahaan dengan
konsumen.
Kegiatan advertising
dianggap sangat penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah
produk. Tidak heran, setiap launching
produk baru yang dilakukan oleh perusahaan menghabiskan ratusan juta hingga
miliaran rupiah untuk pengeluaran biaya iklan. Kondisi seperti ini menciptakan
persaingan perusahaan yang semakin ketat terutama dalam bidang advertising. Dimana perusahaan
berlomba-lomba membuat iklan yang menarik untuk membangun posisi teratas dalam
menguasai pasar. Hal ini dibuktikan dengan setiap tahunnya biaya belanja iklan
di Indonesia terus meningkat. Untuk lebih lengkap download di https://drive.google.com/open?id=15tKsfw-N1jJQsUaQSG4GRmmyJ3034Azw
Komentar
Posting Komentar