Langsung ke konten utama

Skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Attitude Toward Mobelie Advertising Terhadap Attitude Toward Brand Dan Implikasinya Terhadap Purchase Intention Telaah Pada Viewers YouTube Iklan Indoeskrim Versi Kisah Legenda Nusantara


(TELAAH PADA VIEWERS IKLAN INDOESKRIM VERSI KISAH LEGENDA NUSANTARA)








SKRIPSI
                                                                                                     

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)



Alvin Nugroho
13130110018

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS BISNIS
UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
TANGERANG
2018


ABSTRAK

          Seiring berkembangnya waktu, pengguna YouTube jumlahnya semakin bertambah besar. Salah satu perusahaan yang menggunakan media YouTube sebagai media iklan yaitu perusahaan Indoeskrim. Indoeskrim menggunakan media YouTube untuk memesarkan berbagai produk mereka khususnya produk Indoeskrim Nusantara. Salah satu iklan yang menjadi trend di masyarakat pada juli 2017 yaitu iklan Indoeskrim versi kisah legenda nusantara. Iklan ini menjadai trend pada media YouTube kerena iklan tersebut unik dan menghibur. Penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah purchase intention konsumen pada produk Indoeskrim Nusantara dipengaruhi oleh entertainment, informativeness, dan irritattion melalui attitude toward mobile advertising dan attitude toward brand. Model teoritis dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan enam hipotesis yang diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 responden.


       Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa entertainment dan informativeness memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward mobile advertising. Sedangkan irritation tidak memiliki pengaruh terhadap attitude toward mobile advertising. Selain itu juga, ditemukan pengaruh positif antara attitude toward mobile advertising terhadap attitude toward brand. Kemudian attitude toward mobile advertising dan attitude toward brand memiliki pengaruh pengaruh positif terhadap purchase intention.

     Dari enam hipotesis yang diajukan, tidak semua sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi iklan Indoeskrim untuk dapat lebih mengembangkan iklan Indoeskrim dapat menarik perhatian konsumen sehingga dapat meningkatkan minat pembelian konsumen terhadap produk Indoeskrim Nusantara.

Kata Kunci: entertainment, informativeness, irritattion, attitude toward mobile advertising, attitude toward brand, purchase intention.

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Di zaman modern saat ini, persaingan bisnis semakin ketat sehingga mengharuskan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat agar dapat tetap bertahan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, perusahaan harus menentukan strategi advertising yang tepat untuk menarik perhatian konsumen dan dapat bersaing dengan para pesaing lainnya. Menurut Philip Kotler (2013) mendefinisikan advertising sebagai segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi nonpribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa. Advertising merupakan pesan suatu merek, produk, atau perusahaan yang disampaikan kepada konsumen melalui berbagai media. Melalui advertising, perusahaan dapat membangun hubungan interaksi antara perusahaan dengan konsumen.
Kegiatan advertising dianggap sangat penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah produk. Tidak heran, setiap launching produk baru yang dilakukan oleh perusahaan menghabiskan ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk pengeluaran biaya iklan. Kondisi seperti ini menciptakan persaingan perusahaan yang semakin ketat terutama dalam bidang advertising. Dimana perusahaan berlomba-lomba membuat iklan yang menarik untuk membangun posisi teratas dalam menguasai pasar. Hal ini dibuktikan dengan setiap tahunnya biaya belanja iklan di Indonesia terus meningkat. Untuk lebih lengkap download di https://drive.google.com/open?id=15tKsfw-N1jJQsUaQSG4GRmmyJ3034Azw







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Consumer Behavior : Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie

BAB I Latar Belakang             Pada perkembangan waktu sampai saat ini bebrapa harga komuditas terutama komuditas pangan mengalami perubahan harga yang semakin meningkat. kenaikan harga komoditas di pasar internasional mengakibatkan inflasi yang tinggi dan melemahnya daya beli masyarakat (Sunarsip, 2011). Salah satu contohnya mempengaruhi  pertumbuhan industri mie instan. Pengaruh inflasi ini menyebabkan penurunan terjadi terutama pada segmentasi persaingan mie dengan industri menengah kebawah karena mereka harus mempertahakan industri ditengah berkurangnya profit yang mereka dapat sementara cost yang mereka keluarkan semakin besar. Akibatnya beberapa pesaing menengah kebawah menutup dan tidak berproduksi usaha mereka ditengah gejolak inflasi yang semakin meningkat.             Namun bila kita melihat dan mengamati permintaan mie instant yang berada diseluruh p...

Storyboard Obat Batuk

Ares ini merupakan produk obat batuk untuk anak-anak. Untuk membuat advertising film terlebih dahulu dibuat storyline kemudian agar mempermudah pemahaman dibuat storyboard berupa gambar dilengkapi dengan cerita. Didalam produk ares ingin menekankan perbedaan antara batuk alergi dengan batuk berdahak yang membutuhkan penanganan berbeda. kontak: Alvin Nugroho (08128023596) ig: alvinno_nugroho linkedin: Avin Nugroho