MAKALAH
Disusun
untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata
Kuliah Brand Management
Oleh :
1. Shandra
Kurniawati (13130110004)
2. Natasha
Evelyne (13130110014)
3. Alvin
Nugroho (13130110018)
4. Victor
Richardo (13130110073)
5. Wilson
Aditya (13130110099)
Universitas Multimedia Nusantara
Management
Ekonomi
2015
1. Brand
Assessment
a. Deskripsi
Pola hidup sehat
sebenarnya mudah dilakukan, namun dewasa ini banyak orang yang tidak memiliki
kesadaran untuk melakukan itu. Hal ini dipicu oleh berbagai hal seperti pola
pikir mereka bahwa usia muda tidak mudah terkena penyakit pada kenyataannya,
saat ini usia mudalah yang lebih rentan terkena penyakit yang sebagian besar
disebabkan oleh gaya hidup mereka yang tidak sehat (pola tidur yang tidak
teratur, mengkonsumsi makanan junk food
, malas untuk berolahraga).
Victor Richardo adalah
seorang mahasiswa yang terbiasa dengan pola hidup sehat. Penerapannya di dalam
aktivitasnya sehari-hari seperti makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang
teratur, tidur yang teratur. Ia juga menerapkan sistem pola makan sering tapi
dalam porsi yang sedikit karena menurut para ahli pola makan yang seperti ini
lebih baik daripada pola makan yang jarang tapi dalam porsi yang banyak. Hal
ini menunjukkan bahwa ia cocok dalam sebagai personal branding dalam bidang Health
Consultant.
b. Analisis
SWOT
Strength
|
Weakness
|
·
Memiliki komitmen untuk hidup sehat
·
Memiliki konsistensi dalam melakukan gaya hidup sehat
·
Mau belajar hal baru
·
Memiliki daya tahan tubuh yang bagus
·
Appearance nya menarik
|
·
Belum terlalu terkenal
* Belum cukup pengalaman
|
Opportunities
|
Threat
|
·
Minimnya kesadaran untuk hidup sehat
· Padatnya aktivitas seseorang akan memengaruhi niatan
untuk olahraga
· Adanya kemungkinan orang lain untuk menjadi seperti
Victor
|
·
Lingkungan yang tidak mendukung
·
Adanya competitor yang sejenis
|
c. Karakteristik
Personal Brand
·
Gaya Hidup (Lifestyle)
Victor memiliki gaya
hidup yang berbeda dibanding anak muda jaman sekarang . Ia menerapkan pola
hidup yang sehat seperti makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang teratur, serta
pola tidur minimal 8 jam dalam sehari.
Hal ini menunjukkan
bahwa Victor memiliki konsistensi dan komitmen yang tinggi terhadap gaya hidup
yang ia pilih bukan hanya karena ingin mengikuti trend saat ini melainkan untuk
jangka panjang. Karena Victor sendiri berpendapat bahwa dengan menerapkan pola
gaya hidup sehat sama saja ia sedang berinvestasi untuk masa depannya.
·
Nilai (value)
Kesehatan itu sangat
penting di dalam kehidupan setiap orang karena dengan tubuh yang sehat, segala
aktivitas dapat dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Namun untuk menjadi
sehat tidaklah harus mahal, hal ini bisa diterapkan dengan cara melakukan
hal-hal sederhana seperti jogging, push up, sit up, dan gerakan lainnya yang
dapat dilakukan sendiri.
2. Personal
Brand Objective
Goals
yang ingin dicapai dari Victor sendiri adalah ia ingin menjadi Health Consultant yang dikenal banyak
orang. Victor ingin mengajak masyarakat jaman sekarang untuk menerapkan pola
gaya hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran mereka bahwa kesehatan itu
penting karena tidak ada gunanya apalabila memiliki banyak uang namun tidak
memiliki tubuh yang sehat.
3. Segmentation
dan Targeting
·
Segmentasi
·
Targeting
Kami menargetkan kepada
orang yang berumur dari 16 – 30 tahun berjenis kelamin pria maupun wanita yang berdomisili
di daerah Jakarta khususnya Jakarta Barat dan Tangerang khususnya Tangerang
Selatan dimana biasanya orang-orang yang bertempat tinggal di daerah perkotaan
maupun pinggiran kota memiliki kebiasaan gaya hidup suka berolahraga.
.
4. Analisis
Kompetisi
Menurut
kami yang menjadi salah satu kompetitor yaitu Dr. Ryan Thamrin. Beliau telah memiliki personal branding yang
kuat, hal ini dibuktikan melalui program di salah satu acara TV yaitu Dr. Oz. Dengan
charisma yang ia miliki, ia mampu menarik perhatian audience. Selain itu,
kompetitor lainnya yaitu Dr. Ovi Dian.
Beliau merupakan dokter muda dalam bidang konsultan kesehatan dan biasanya
beliau memanfaatkan media social sebagai perantara untuk menyampaikan hal-hal
mengenai pola hidup yang sehat. Selain itu, kemampuan ia dalam membawakan acara
motivasi sangat kompeten.
5. POP
& POD
·
POP
VictoRichardo sama-sama
ingin mengajak orang-orang untuk hidup sehat.
·
POD
ü Menerapkan service dengan menerapkan sistem kelompok
dengan cara melakukan secara bersama-sama (lari pagi bersama, membuat demo menu
makan sehat bersama, menerapkan sistem target secara berkelompok).
ü Selain
itu, kami juga akan lebih fokus kepada proses customer dalam menjalani hidup
sehat dengan cara membuat testimoni terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
ü Menerapkan
Training Program selama 3 bulan kepada customer. Dengan kata lain,
VictoRichardo Health Consultant akan terus memantau customernya dalam kurun
waktu 3 bulan berturut-turut.
6. Leading
Brand Attributes & Benefits
·
Brand Attributes
Victor disini berperan
menjadi Health Consultant yang memiliki pengalaman serta pengetahuan mengenai
gaya hidup sehat yang benar sehingga teknik dan cara yang
dipraktekan Victor
dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
·
Brand benefits
Dari brand attribute
diatas, dapat dikatakan bahwa Victor dapat memberikan pengaruh kepada
orang-orang disekitarnya karena ditunjang dari beberapa hal sepeti postur
tubuhnya yang selalu berpenampilan fit diberbagai aktivitas sehingga orang
dapat mempercayai review atau motivasi yang diberikan Victor.
7. Positioning
Statement and Brand Mantra
·
Positioning Statement
Brand
VictoRichardo disini ingin dilihat konsumen sebagai health consultant yang tidak hanya sekedar
melihat hasil akhirnya namun kami akan menjunjung tinggi kredibilitas yang
fokus kepada proses customer. Tagline dari VictoRichardo Health Consultant
adalah “Just Focus What You Do” yang menjelaskan bahwa setiap hal yang kita
lakukan selama hidup haruslah fokus, bukan fokus pada hasil akhir yang didapat
melainkan fokus terhadap setiap proses yang dilakukan hingga tercapainya
tujuan.
·
Brand Mantra
Focus
on Customer Process
Brand
mantra yang digunakan VictoRichardo ini diambil sesuai dari hasil positioning
yaitu menjunjung tinggi kredibilitas yang fokus kepada proses customer. Fokus
disini mendeskripsikan sebagai bentuk penjelasan dari apa yang ingin dituju
brand ini. Customer sendiri mendeskripsikan sebagai target kita yang ingin
difokuskan pada program yang telah dibuat. Proses merupakan kegunaan yang
diberikan VictoRichardo.
8. Appearance
& Mannerism
a.
Appearance
Dari
segi penampilan fisiknya, biasanya Victor selalu berpenampilan dengan gayanya
yang casual namun terlihat rapi. Disetiap kegiatannya, Victor sering
menggunakan pakaian berkerah seperti polo shirt atau kemeja dengan bawahan
celana jeans pendek serta tidak melupakan sepatu semi pantofel.
b.
Mannerism
Dengan penampilan fisik yang seperti ini,
Victor memberikan kesan yang supel dan hangat. Hal ini dibuktikan dengan cara
komunikasi victor yang ramah terhadap orang – orang sekitarnya.
9. Personal
Logo dan Brand Meaning
VICTORICHARDO
merupakan penyatuan dari nama Victor Richardo sendiri. Tipografi “Victor” yang
memiliki ketebalan yang lebih digunakan untuk mewujudkan ketegasan. Pada
ichardo yang lebih tipis mewujudkan sifat sederhana. Tipografi yang digunakan
juga berdasarkan bentuk geometri sederhana menambah kesan tegas namun tetap
sederhana. Warna biru dan putih digunakan sebagai warna utama pada logo karena
sifat yang paling sesuai dengan kesederhanaan, bersih dan ketegasan. Terdapat 2
garis yang menghimpit VICTORICHARDO dengan maksud agar consultant ini dapat
selalu fokus memberikan solusi dan penyelesaian pada masalah yang ada.
10. Rencana
Strategi
·
Tujuan komunikasi
Ingin mengubah sudut
pandang orang bahwa tidak selamanya gaya hidup sehat itu tidak menyenangkan
dengan cara memengaruhi orang untuk melakukan pola hidup sehat.
·
Core Message
Pesan yang ingin kami
sampaikan adalah untuk membawa perubahan pada orang-orang sekitar kita untuk
hidup sehat maka hal yang harus dilakukan adalah mengubah diri kita sendiri
terlebih dahulu, dengan begitu itu akan membuat orang di sekitar kita terpengaruh
untuk mengikuti kita (untuk menjalani hidup sehat)
·
Nama situs
·
Strategi komunikasi
a. Instagram
Kami memanfaatkan media
social ini untuk memberikan fakta-fakta mengenai keseahat. Tidak hanya itu,
kami juga akan memposting informasi mengenai pola hidup sehat seminggu ke
depan. Seperti memberikan menu sehat dan cara berolahraga ringan yang harus
dilakukan setiap harinya.
b. Twitter
dan Facebook
Kami juga akan
memanfaatkan media social ini untuk memberikan quotes yang memotivasi orang
untuk menjalani pola hidup sehat.
c. Chat
via official account Line
Kami menggunakan
aplikasi Line ini agar para customer bisa berkonsultasi langsung dengan Health
Consultant yang bersangkutan.
d. Blogspot
Di dalam media social
ini, kami akan berbagi cerita mengenai orang-orang yang menjalani aktivitas
gaya hidup sehat.
Komentar
Posting Komentar