Langsung ke konten utama

Personal Branding

MAKALAH

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Brand Management


Oleh    :
1.      Shandra Kurniawati    (13130110004)
2.      Natasha Evelyne         (13130110014)
3.      Alvin Nugroho            (13130110018)
4.      Victor Richardo            (13130110073)
5.      Wilson Aditya             (13130110099)


Universitas Multimedia Nusantara
Management
Ekonomi
2015

1.      Brand Assessment
a.       Deskripsi
Pola hidup sehat sebenarnya mudah dilakukan, namun dewasa ini banyak orang yang tidak memiliki kesadaran untuk melakukan itu. Hal ini dipicu oleh berbagai hal seperti pola pikir mereka bahwa usia muda tidak mudah terkena penyakit pada kenyataannya, saat ini usia mudalah yang lebih rentan terkena penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup mereka yang tidak sehat (pola tidur yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan junk food , malas untuk berolahraga).
Victor Richardo adalah seorang mahasiswa yang terbiasa dengan pola hidup sehat. Penerapannya di dalam aktivitasnya sehari-hari seperti makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang teratur, tidur yang teratur. Ia juga menerapkan sistem pola makan sering tapi dalam porsi yang sedikit karena menurut para ahli pola makan yang seperti ini lebih baik daripada pola makan yang jarang tapi dalam porsi yang banyak. Hal ini menunjukkan bahwa ia cocok dalam sebagai personal branding dalam bidang Health Consultant.

b.      Analisis SWOT
Strength
Weakness
·         Memiliki komitmen untuk hidup sehat
·         Memiliki konsistensi dalam melakukan gaya hidup sehat
·         Mau belajar hal baru
·         Memiliki daya tahan tubuh yang bagus
·         Appearance nya menarik
·         Belum terlalu terkenal
      *    Belum cukup pengalaman

Opportunities
Threat
·         Minimnya kesadaran untuk hidup sehat
· Padatnya aktivitas seseorang akan memengaruhi niatan untuk olahraga
·  Adanya kemungkinan orang lain untuk menjadi seperti Victor
·           Lingkungan yang tidak mendukung
·           Adanya competitor yang sejenis

c.       Karakteristik Personal Brand
·         Gaya Hidup (Lifestyle)
Victor memiliki gaya hidup yang berbeda dibanding anak muda jaman sekarang . Ia menerapkan pola hidup yang sehat seperti makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang teratur, serta pola tidur minimal 8 jam dalam sehari.
Hal ini menunjukkan bahwa Victor memiliki konsistensi dan komitmen yang tinggi terhadap gaya hidup yang ia pilih bukan hanya karena ingin mengikuti trend saat ini melainkan untuk jangka panjang. Karena Victor sendiri berpendapat bahwa dengan menerapkan pola gaya hidup sehat sama saja ia sedang berinvestasi untuk masa depannya.


·         Nilai (value)
Kesehatan itu sangat penting di dalam kehidupan setiap orang karena dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas dapat dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Namun untuk menjadi sehat tidaklah harus mahal, hal ini bisa diterapkan dengan cara melakukan hal-hal sederhana seperti jogging, push up, sit up, dan gerakan lainnya yang dapat dilakukan sendiri.

2.      Personal Brand Objective
Goals yang ingin dicapai dari Victor sendiri adalah ia ingin menjadi Health Consultant yang dikenal banyak orang. Victor ingin mengajak masyarakat jaman sekarang untuk menerapkan pola gaya hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran mereka bahwa kesehatan itu penting karena tidak ada gunanya apalabila memiliki banyak uang namun tidak memiliki tubuh yang sehat.

3.      Segmentation dan Targeting
·         Segmentasi
·         Targeting
Kami menargetkan kepada orang yang berumur dari 16 – 30 tahun berjenis kelamin pria maupun wanita yang berdomisili di daerah Jakarta khususnya Jakarta Barat dan Tangerang khususnya Tangerang Selatan dimana biasanya orang-orang yang bertempat tinggal di daerah perkotaan maupun pinggiran kota memiliki kebiasaan gaya hidup suka berolahraga.

.
4.      Analisis Kompetisi
Menurut kami yang menjadi salah satu kompetitor yaitu Dr. Ryan Thamrin. Beliau telah memiliki personal branding yang kuat, hal ini dibuktikan melalui program di salah satu acara TV yaitu Dr. Oz. Dengan charisma yang ia miliki, ia mampu menarik perhatian audience. Selain itu, kompetitor lainnya yaitu Dr. Ovi Dian. Beliau merupakan dokter muda dalam bidang konsultan kesehatan dan biasanya beliau memanfaatkan media social sebagai perantara untuk menyampaikan hal-hal mengenai pola hidup yang sehat. Selain itu, kemampuan ia dalam membawakan acara motivasi sangat kompeten.

5.      POP & POD
·         POP
VictoRichardo sama-sama ingin mengajak orang-orang untuk hidup sehat.
·         POD
ü  Menerapkan  service dengan menerapkan sistem kelompok dengan cara melakukan secara bersama-sama (lari pagi bersama, membuat demo menu makan sehat bersama, menerapkan sistem target secara berkelompok).
ü  Selain itu, kami juga akan lebih fokus kepada proses customer dalam menjalani hidup sehat dengan cara membuat testimoni terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
ü  Menerapkan Training Program selama 3 bulan kepada customer. Dengan kata lain, VictoRichardo Health Consultant akan terus memantau customernya dalam kurun waktu 3 bulan berturut-turut.

6.      Leading Brand Attributes & Benefits
·         Brand Attributes
Victor disini berperan menjadi Health Consultant yang memiliki pengalaman serta pengetahuan mengenai gaya hidup sehat yang benar sehingga teknik dan cara yang
dipraktekan Victor dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
·         Brand benefits
Dari brand attribute diatas, dapat dikatakan bahwa Victor dapat memberikan pengaruh kepada orang-orang disekitarnya karena ditunjang dari beberapa hal sepeti postur tubuhnya yang selalu berpenampilan fit diberbagai aktivitas sehingga orang dapat mempercayai review atau motivasi yang diberikan Victor.

7.      Positioning Statement and Brand Mantra
·         Positioning Statement
Brand VictoRichardo disini ingin dilihat konsumen sebagai  health consultant yang tidak hanya sekedar melihat hasil akhirnya namun kami akan menjunjung tinggi kredibilitas yang fokus kepada proses customer. Tagline dari VictoRichardo Health Consultant adalah “Just Focus What You Do” yang menjelaskan bahwa setiap hal yang kita lakukan selama hidup haruslah fokus, bukan fokus pada hasil akhir yang didapat melainkan fokus terhadap setiap proses yang dilakukan hingga tercapainya tujuan.
·         Brand Mantra             
Focus on Customer Process
Brand mantra yang digunakan VictoRichardo ini diambil sesuai dari hasil positioning yaitu menjunjung tinggi kredibilitas yang fokus kepada proses customer. Fokus disini mendeskripsikan sebagai bentuk penjelasan dari apa yang ingin dituju brand ini. Customer sendiri mendeskripsikan sebagai target kita yang ingin difokuskan pada program yang telah dibuat. Proses merupakan kegunaan yang diberikan VictoRichardo.
  
8.      Appearance & Mannerism
a. Appearance
Dari segi penampilan fisiknya, biasanya Victor selalu berpenampilan dengan gayanya yang casual namun terlihat rapi. Disetiap kegiatannya, Victor sering menggunakan pakaian berkerah seperti polo shirt atau kemeja dengan bawahan celana jeans pendek serta tidak melupakan sepatu semi pantofel.
b. Mannerism
 Dengan penampilan fisik yang seperti ini, Victor memberikan kesan yang supel dan hangat. Hal ini dibuktikan dengan cara komunikasi victor yang ramah terhadap orang – orang sekitarnya.

9.      Personal Logo dan Brand Meaning
VICTORICHARDO merupakan penyatuan dari nama Victor Richardo sendiri. Tipografi “Victor” yang memiliki ketebalan yang lebih digunakan untuk mewujudkan ketegasan. Pada ichardo yang lebih tipis mewujudkan sifat sederhana. Tipografi yang digunakan juga berdasarkan bentuk geometri sederhana menambah kesan tegas namun tetap sederhana. Warna biru dan putih digunakan sebagai warna utama pada logo karena sifat yang paling sesuai dengan kesederhanaan, bersih dan ketegasan. Terdapat 2 garis yang menghimpit VICTORICHARDO dengan maksud agar consultant ini dapat selalu fokus memberikan solusi dan penyelesaian pada masalah yang ada.

10.  Rencana Strategi
·         Tujuan komunikasi
Ingin mengubah sudut pandang orang bahwa tidak selamanya gaya hidup sehat itu tidak menyenangkan dengan cara memengaruhi orang untuk melakukan pola hidup sehat.
·         Core Message
Pesan yang ingin kami sampaikan adalah untuk membawa perubahan pada orang-orang sekitar kita untuk hidup sehat maka hal yang harus dilakukan adalah mengubah diri kita sendiri terlebih dahulu, dengan begitu itu akan membuat orang di sekitar kita terpengaruh untuk mengikuti kita (untuk menjalani hidup sehat)
·         Nama situs
·         Strategi komunikasi
a.       Instagram
Kami memanfaatkan media social ini untuk memberikan fakta-fakta mengenai keseahat. Tidak hanya itu, kami juga akan memposting informasi mengenai pola hidup sehat seminggu ke depan. Seperti memberikan menu sehat dan cara berolahraga ringan yang harus dilakukan setiap harinya.
b.      Twitter dan Facebook
Kami juga akan memanfaatkan media social ini untuk memberikan quotes yang memotivasi orang untuk menjalani pola hidup sehat.
c.       Chat via official account Line
Kami menggunakan aplikasi Line ini agar para customer bisa berkonsultasi langsung dengan Health Consultant yang bersangkutan.
d.      Blogspot
Di dalam media social ini, kami akan berbagi cerita mengenai orang-orang yang menjalani aktivitas gaya hidup sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Consumer Behavior : Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie

BAB I Latar Belakang             Pada perkembangan waktu sampai saat ini bebrapa harga komuditas terutama komuditas pangan mengalami perubahan harga yang semakin meningkat. kenaikan harga komoditas di pasar internasional mengakibatkan inflasi yang tinggi dan melemahnya daya beli masyarakat (Sunarsip, 2011). Salah satu contohnya mempengaruhi  pertumbuhan industri mie instan. Pengaruh inflasi ini menyebabkan penurunan terjadi terutama pada segmentasi persaingan mie dengan industri menengah kebawah karena mereka harus mempertahakan industri ditengah berkurangnya profit yang mereka dapat sementara cost yang mereka keluarkan semakin besar. Akibatnya beberapa pesaing menengah kebawah menutup dan tidak berproduksi usaha mereka ditengah gejolak inflasi yang semakin meningkat.             Namun bila kita melihat dan mengamati permintaan mie instant yang berada diseluruh p...

Storyboard Obat Batuk

Ares ini merupakan produk obat batuk untuk anak-anak. Untuk membuat advertising film terlebih dahulu dibuat storyline kemudian agar mempermudah pemahaman dibuat storyboard berupa gambar dilengkapi dengan cerita. Didalam produk ares ingin menekankan perbedaan antara batuk alergi dengan batuk berdahak yang membutuhkan penanganan berbeda. kontak: Alvin Nugroho (08128023596) ig: alvinno_nugroho linkedin: Avin Nugroho

Skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Attitude Toward Mobelie Advertising Terhadap Attitude Toward Brand Dan Implikasinya Terhadap Purchase Intention Telaah Pada Viewers YouTube Iklan Indoeskrim Versi Kisah Legenda Nusantara

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH ATTITUDE TOWARD MOBILE ADVERTISING TERHADAP ATTITUDE TOWARD BRAND DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PURCHASE INTENTION (TELAAH PADA VIEWERS IKLAN INDOESKRIM VERSI KISAH LEGENDA NUSANTARA) SKRIPSI                                                                                                       Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) Alvin Nugroho 13130110018 PROGRAM STUDI MANAJEME...